Jangan Asal Perintah...!!! Inilah Cara Membuat Anak Ketagihan Shalat 5 Waktu...




Shalat adalah merupakan tiang agama, dan kelak amalan yang pertama diperhitungkan adalah shalat. Sebagai seorang yang menjadi panutan dalam keluarga, pastilah orang tua akan bersikap se-dewasa mungkin agar anak-anak mereka mampu mengikuti apa yang diajarkan dan yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan. Untuk itu, peranan orang tua terhadap anak ketika mengajarkan poin-poin dalam beribadah juga sangat penting.

Islam mengajarkan kita untuk menjadikan ibadah kesabaran dan shalat sebagai penolong. Salah satunya ialah dengan cara mendidik anak yang malas shalat. Ini memang susah-susah gampang. Yang harus kita lakukan, tanamkanlah sejak dini dalam diri anak bahwa shalat merupakan kebutuhan manusia yang wajib dijalani setiap harinya.

Rasul sendiri sudah mengajarkan bagaimana mendidikan anak untuk shalat. Yang pasti, ajarkan anak shalat sejak dini. Jika tidak mau menjalankan shalat, tegur dengan kata-kata yang baik. Apabila dengan cara tersebut masih sama, Anda diperbolehkan memukulnya, hanya sebagai pelajaran bukanlah untuk menyakitinya.

Menurut sebuah laman psikolog, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak yang malas shalat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Berikan Hadiah. Anak usia sekolah pertama, senang jika diberi hadiah dan beri pengertian padanya bahwa siapa saja yang menjalankan shalat akan mendapatkan pahala dan yang tidak mendapat siksa.

2. Mengajak anak shalat diwaktunya,bukan hanya menyuruh anak Anda untuk menjalankan shalat, akan tetapi alangkah baiknya Anda mengajak anak Anda untuk menjalankan shalat.

3. Hentikan segala aktivitas ketika waktunya shalat, ada baiknya Anda mematikan ataupun menghentikan semua hal yang bisa membuat anak Anda menjadi lalai dalam menjalankan shalat.

4. Ingatkan lewat media sosial Apabila anak Anda sudah menginjak masa remaja ingatkan lewat media sosial akan waktunya shalat, tidak perlu malu untuk melakukan semua hal itu. Karena itu suatu kewajiban!

5. Beri Pelajaran, bukan menyakitkan. Jika Anak Anda sudah tidak bisa Anda nasehati dengan kata-kata, Anda boleh memukulnya saat usianya sudah 9 tahun ke atas. Ini bukanlah pukulan untuk menyakiti, namun pukulan kasih sayang yang akan menyelamatkan Anda dan juga anak Anda kelak saat di akhirat nanti.

Anda tentu prihatin, jika melihat anak-anak bahkan orang dewasa dengan mudahnya meninggalkan shalat. Tanamkan pada diri anak Anda untuk taat menjalankan ibadah sejak dini. Karena semua itu sebagai bekal untuknya saat mereka berada di akhirat nanti.

Semoga keluarga kita semua termasuk kedalam keluarga yang tidak lalai dalam menjalankan ibadah sholat. Aamiin



Sumber:Postshare

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jangan Asal Perintah...!!! Inilah Cara Membuat Anak Ketagihan Shalat 5 Waktu...